10 Alat Musik Sederhana dari Barang Bekas: Kreativitas dari Kaleng hingga Bambu

Sep 3, 2023
Permainan Kasino

Mencari cara baru untuk mengekspresikan diri melalui musik? Mengapa tidak mencoba membuat 10 alat musik sederhana dari barang bekas yang bisa Anda temukan di sekitar rumah? Kreasi dan inovasi bisa bermula dari hal-hal terkecil, bahkan dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai cara kreatif untuk membuat alat musik sederhana dari barang bekas, mulai dari kaleng hingga bambu.

Rincian 10 Alat Musik Sederhana yang Dapat Anda Buat Sendiri

Bongkrek Kaleng

Salah satu alat musik sederhana yang bisa Anda buat dari kaleng adalah bongkrek kaleng. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa kaleng bekas dan menyusunnya secara bersamaan. Ketuk bagian luar kaleng dengan alat tumpul seperti pemukul kayu untuk menghasilkan suara yang unik.

Angklung Bambu

Angklung bambu adalah instrumen musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Anda bisa membuat angklung mini dari potongan-potongan bambu yang tersedia di sekitar tempat tinggal Anda. Geseklah potongan bambu dengan kuat untuk menghasilkan nada yang berbeda-beda.

Suling Plastik

Jika Anda memiliki botol plastik bekas di rumah, Anda bisa mencoba membuat suling plastik. Potong botol plastik tersebut menjadi bagian yang lebih kecil dan berikan lubang-lubang di permukaannya. Tiup bagian atas suling yang telah Anda buat untuk menghasilkan melodi yang indah.

Gitar Pet Kaleng

Gitar pet kaleng merupakan salah satu alat musik sederhana yang kreatif. Ambil kaleng bekas dan tambahkan senar atau tali dari bahan yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengatur nada dan getaran senar sehingga Anda bisa membuat musik sendiri dengan gitar pet kaleng ini.

Kastanyet Sendok

Jika Anda memiliki sendok-sedok plastik yang tidak terpakai, Anda bisa mencoba membuat kastanyet sendok. Potong sendok menjadi bagian-bagian kecil dan padukan dua bagian sendok tersebut. Kocok kastanyet sendok dengan keras untuk menambahkan efek ritme yang menarik pada musik Anda.

Kaleng Drum Set

Menginginkan drum set mini dari barang bekas? Cobalah membuat kaleng drum set! Susun beberapa kaleng bekas dengan ukuran yang berbeda secara berderet. Ketuk kaleng-kaleng tersebut dengan jari atau pemukul drum kecil untuk menghasilkan suara drumband yang unik.

Gong dari Wajan

Wajan bekas bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan alat musik sederhana berupa gong. Jika Anda memiliki wajan bekas yang sudah tidak terpakai, gantungkan wajan tersebut dan ketuk bagian tengahnya. Anda akan terkejut dengan suara gong yang dihasilkan oleh wajan bekas ini.

Marakas dari Botol Plastik

Marakas merupakan alat musik perkusi yang membuat suara gemerincing saat digoyangkan. Anda bisa membuat marakas dari botol plastik bekas dengan cara mengisi botol tersebut dengan biji kacang atau kerikil kecil. Tutup botol plastik dan goyangkan untuk menikmati suara marakas yang menyenangkan.

Terompet dari Botol Air

Botol air bekas dapat diubah menjadi terompet sederhana dengan sedikit sentuhan kreativitas. Potong bagian atas botol air dan gunakan mulutnya sebagai bagian untuk ditiup. Ciptakan melodi indah dengan terompet botol air ini.

Gelombang Bambu

Gelombang bambu adalah instrumen musik sederhana yang terbuat dari potongan bambu. Anda dapat menciptakan berbagai nada yang unik dengan cara memukul gelombang bambu menggunakan tangan atau pemukul lainnya. Biarkan diri Anda terhanyut dalam alunan musik yang mengalun indah dari gelombang bambu.

Dengan 10 alat musik sederhana yang dapat Anda buat sendiri dari barang bekas mulai dari kaleng hingga bambu, Anda tidak hanya mengekspresikan kreativitas Anda namun juga mengurangi limbah dan mendaur ulang barang-barang tak terpakai di sekitar Anda. Mari berkreasi dengan memanfaatkan apa yang ada dan rasakan kepuasan saat Anda menciptakan musik dari alat-alat musik sederhana ini.