5 Agama Termuda di Dunia Tahun 2012

May 27, 2018
Permainan Kasino

Pada tahun 2012, terdapat beberapa agama yang bisa disebut sebagai agama-agama termuda di dunia. Meskipun memiliki sejarah yang relatif pendek, agama-agama ini memiliki pengikut setia dan berkembang pesat dalam kurun waktu singkat.

1. Agama Bahá'í

Agama Bahá'í adalah salah satu agama monotheis yang muncul di abad ke-19. Berakar dari agama Syiah Islam, Bahá'í memiliki ajaran damai, kesetaraan gender, dan perdamaian dunia sebagai prinsip utamanya.

2. Agama Sikhisme

Agama Sikhisme muncul di wilayah Punjab, India pada abad ke-15 oleh Guru Nanak. Sikhisme menekankan konsep satu Tuhan tanpa figur berwujud dan nilai-nilai kebenaran, kesederhanaan, dan pelayanan kepada sesama.

3. Agama Mormon

Agama Mormon atau Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir didirikan oleh Joseph Smith di Amerika Serikat pada abad ke-19. Agama ini memiliki kitab suci tambahan, yaitu Kitab Mormon, selain Alkitab.

4. Agama Scientology

Agama Scientology didirikan oleh L. Ron Hubbard pada pertengahan abad ke-20 di Amerika Serikat. Agama ini menekankan pemahaman diri dan masyarakat yang lebih baik melalui proses audit dan konseling.

5. Agama Cao Đài

Agama Cao Đài muncul di Vietnam pada awal abad ke-20. Agama ini menggabungkan unsur-unsur dari agama-agama lain seperti Buddhisme, Taoisme, dan Konfusianisme dalam ajarannya.

Dari kelima agama termuda di atas, masing-masing memiliki ciri khas, ajaran, dan pengaruh yang unik dalam perkembangan agama di dunia. Meskipun relatif baru, agama-agama ini terus tumbuh dan berdampak dalam masyarakat tempat mereka berkembang.